Selasa, 16 Oktober 2012

Pengertian Filsafat, Pengetahuan, dan IlmuPengetahuan. Serta Pengertian Mitos, Legenda, dan Cerita Rakyat


PENGERTIAN FILSAFAT                        
Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar, atau pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada sebab, asal, dan hukumnya. Hal itu membuat filasafat menjadi sebuah ilmu yang pada sisi-sisi tertentu berciri eksak di samping nuansa khas filsafat, yaitu spekulasi, keraguan, rasa penasaran dan ketertarikan. Filsafat juga bisa berarti perjalanan menuju sesuatu yang paling dalam, sesuatu yang biasanya tidak tersentuh oleh disiplin ilmu lain dengan sikap skeptis yang mempertanyakan segala hal.
Contoh dari Filsafat, yaitu Filsafat Timur adalah tradisi falsafi yang terutama berkembang di Asia, khususnya di India, Republik Rakyat Cina dan daerah-daerah lain yang pernah dipengaruhi budayanya. Sebuah ciri khas Filsafat Timur ialah dekatnya hubungan filsafat dengan agama. Meskipun hal ini kurang lebih juga bisa dikatakan untuk Filsafat Barat, terutama di Abad Pertengahan, tetapi di Dunia Barat filsafat ’an sich’ masih lebih menonjol daripada agama.

PENGERTIAN PENGETAHUAN
Pengetahuan adalah informasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman dan potensi untuk menindaki; yang lantas melekat di benak seseorang. Pada umumnya, pengetahuan memiliki kemampuan prediktif terhadap sesuatu sebagai hasil pengenalan atas suatu pola. Manakala informasi dan data sekedar berkemampuan untuk menginformasikan atau bahkan menimbulkan kebingungan, maka pengetahuan berkemampuan untuk mengarahkan tindakan. Inilah yang disebut potensi untuk menindaki.
Contoh dari Pengetahuan, yaitu Pengetahuan Implisit. Contoh sederhana dari pengetahuan implisit adalah kemampuan mengendara sepeda. Pengetahuan umum dari bagaimana mengendara sepeda adalah bahwa agar bisa seimbang, bila sepeda oleh ke kiri, maka arahkan setir ke kanan. Untuk berbelok ke kanan, pertama belokkan dulu setir ke kiri sedikit, lalu ketika sepeda sudah condong ke kenan, belokkan setir ke kanan. Tapi mengetahui itu saja tidak cukup bagi seorang pemula untuk bisa menyetir sepeda.
                                                                                
PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN
Ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.
Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi.
Ilmu Alam hanya bisa menjadi pasti setelah lapangannya dibatasi ke dalam hal yang bahani (material saja), atau ilmu psikologi hanya bisa meramalkan perilaku manusia jika lingkup pandangannya dibatasi ke dalam segi umum dari perilaku manusia yang konkret. Berkenaan dengan contoh ini, ilmu-ilmu alam menjawab pertanyaan tentang berapa jarak matahari dan bumi, atau ilmu psikologi menjawab apakah seorang pemudi cocok menjadi perawat.
Contoh dari Ilmu Pengetahuan yaitu Bagian tubuh yang hilang dari orang ternama. Contohnya Tulang Leher John Wilkes yaitu John Wilkes Booth mungkin pembunuh bayaran yang sukses, tetapi dia adalah seorang seniman meloloskan diri sebagian besar tidak efektif. Hanya 12 hari setelah membunuh Presiden Abraham Lincoln, Booth ditembak di bagian belakang leher dan terbunuh. Tubuhnya (akhirnya) dimakamkan di sebuah makam tak bertanda di Baltimore’s Green. Namun tulang lehernya yang ketiga, keempat, dan kelima, bagaimanapun, telah dihilangkan selama autopsi sehingga peneliti dapat mengakses peluru yang bersarang disana. Untuk mereka yang ingin melihat kolom tulang leher Booth, sekarang dipajang di Museum Nasional Kesehatan dan Kedokteran di Washington, DC

Persamaan Filsafat, Pengetahuan, dan Ilmu Pengetahuan
-          Ketiganya sama-sama memiliki informasi yang berkaitan dengan kehidupan manusia.
-          Ketiganya memiliki suatu sistem dan metode yang sama dan saling berkaitan.
-          Ketiganya sama-sama memiliki konsep pemahaman dan sebab untuk kehidupan manusia

Perbedaan Filsafat, Pengetahuan, dan Ilmu Pengetahuan
1.       Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar, atau pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada sebab, asal, dan hukumnya.

2.      Pengetahuan adalah informasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman dan potensi untuk menindaki; yang lantas melekat di benak seseorang.

3.      Ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti.


 Dalam blog ini juga saya memberikan penjelasan dari Mitos, Legenda, dan Cerita Rakyat beserta contoh ceritanya. Contoh dari cerita Mitos, Legenda, dan Cerita Rakyat ini berasal dari Kabupaten Magetan (Jawa Timur). Cara penyajian yang menarik dan sederhana membuat cerita ini perlu dibaca oleh anak-anak, orang tua, dan peminat pembaca lainnya.


MITOS

Pengertian Mitos
Mitos atau mite adalah cerita prosa rakyat yang terjadi pada masa lampau dan dianggap benar-benar terjadi oleh para empunya (orang sakti yang tinggal dijaman dahulu kala). Mitos juga disebut sebagai Mitologi yang diartikan cerita rakyat yang dianggap benar- benar terjadi dan bertalian dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, dan konsep. Jadi, mitos adalah cerita tentang asal-usul alam semesta manusia atau makhluk gaib, yang pada zaman dahulu kala dianggap benar-benar adadan terjadi tetapi pada zaman sekarang mitos hanya dianggap sebagai cerita atau karangan yang belum tentu benar-benar terjadi.

Contoh dari Mitos

MATA AIR SUMBER MANIK

Konon di daerah Panekan, yaitu suatu daerah yang termasuk wilayah Kabupaten Magetan berbatasan dengan Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi ada mitos yang berkaitan dengan nama Panekan itu sendiri. Daerah ini sebenarnya memiliki tanah yang subur, namun pada saat itu masyarakatnya hanya mengandalkan air sungai dan air hujan untuk keperluan sehari-hari. Air sungai yang mengallir dari mata air Gunung Lawu sebagian besar digunakan untuk pertanian, mandi, dan mencuci. Untuk minum, masyarakat mengambilnya dari suatu sumber mata air yang letaknya tak jauh dari pemukiman mereka.
Seperti biasanya, penduduk desa pergi ke sumber mata air tersebut untuk mengambil air. Karena tempatnya yang sulit dijangkau, hanya anak-anak muda laki-laki sajalah yang berani turun mengambil air ke sumber mata air tersebut. Anak-anak gadis mereka praktis tak ada yang berani turun untuk mengambil air ke situ.
Bermula dari cerita seorang anak muda laki-laki yang melihat seorang gadis cantik sedang mandi disumber mata air tersebut, tetapi iya tidak percaya bahwa ada seorang gadis yang  berani untuk turun ke sumber mata air tersebut. Seorang anak muda laki-laki tersebut ingin memanggilnya, tetapi adat sopan santun mereka tak mengajarkan seperti itu. Iya mulai menoleh ke kanan dan ke kiri sambil detak jantungnya berdebar kencang. Namun ketika ia berpaling dari anak gadis itu, tiba-tiba anak gadis itu telah lenyap dari pandangannya.
Akhirnya pemuda itu pulang kerumahnya, kemudian ia menceritakan kejadian itu kepada para sahabat-sahabatnya. Tentu saja hal itu sangat menarik sekali bagi mereka, karena pemuda itu sangat yakin bahwa gadis itu adalah seorang bidadari kayangan atau seorang anak gadis lelembut penunggu sumber mata air tersebut. Sebagian ada yang percaya, dan  sebagian ada lagi yang tidak percaya. Bagi yang tidak percaya mereka ingin membuktikannya sendiri.
Setelah berhasil mencapai kata sepakat, ditentukannyalah hari baik untuk mengamati sumber air itu dari kejauhan. Beberapa pemuda sejak pagi telah berkumpul disuatu tempat untuk membuktikan kebenaran cerita temannya tersebut. Beberapa asaat kemudian, salah seorang dari mereka melihat seorang gadis cantik yang tengah mandi di sumber air tersebut.
Lalu mereka memutuskan untuk mendekati sumber mata air tersebut, tetapi tiba-tiba anak gadis itu menghilang dari penglihatan mereka. Hal tersebut menambah rasa penasaran mereka. Secara beramai-ramai, mereka turun mendekati sumber mata air itu. Setelah sampai disana mereka hanya mendapati sebuah permata indah yang memntulkan sinar matahari berkilau-kilau. Nenek moyang kita menyebut permata tersebut adalah manikan.
Bermula dari mitos inilah akhirnya penduduk setempat menamakan daerah manikan. Dan mengalami perubahan nama menjadi panekan.
Dalam perkembangannya, daerah Panekan akhirnya menjadi sebuah desa yang ramai. Sejak tahun 1984, status Desa Panekan diubah oleh pemerintah kabupaten menjadi Kelurahan Panekan. Kelurahan Panekan membawahi Dukuh Panekan, Dukuh Pakis, Dukuh Karang, dan Dukuh Ploso. Di daerah ini jugalah terletak pusat pemerintahan kecamatan dengan nama Kecamatan Panekan. Sebagian besar penduduk Kecamatan Panekan hidup bertani, berdagang dan berternak.

Kesimpulan
Masyarakat setempat telah menjadikan mata air Sumber Manik sebagai mitos yang dipercaya pernah dijadikan tempat untuk mandi bidadari cantik dari khayangan.
Cerita ini memberikan pelajaran kepada kita tentang semangat para pemuda yang tak henti-hentinya bekerja keras turun ke sumber mata air untuk mencari dan mengambil air bersih guna keperluan keluarganya. Semangat kerja keras seperti ini dapat kita jadikan contoh dalam pekerjaan yang lain.






LEGENDA

Pengertian Legenda
Legenda adalah cerita pada zaman dahulu yang bertalian dengan peristiwa-peristiwa bersejarah, dan yang dipercaya oleh para penduduk, tetapi tidak dianggap suci atau sakral. Akan tetapi apabila hendak dipergunakan sebagai bahan untuk merekontruksi sejarah, maka legenda harus dibersihkan terlebih dahullu bagian-bagian yang  mengandung sifat-sifat yang turun-temurun tetapi tidak dibukukan.

Contoh dari Legenda

KI NANTANG YUDO

Raden Ngabei Mangunprawiro disebut juga Raden Ngabei Mangunagoro. Ia adalah seorang Bupati Purwodadi. Sebagai seorang bupati, ia memerintah dengan adil dan bijaksana. Rakyatnya hidup makmur. Ia amat disegani oleh rakyatnya.
Ketika itu Raden Ngabei Mangunprawiro sedang mengadakan pesta pernikahan anaknya. Bupati Maospati bernama Raden Tumenggung Yudoprawiro. Ia didampingi oleh Tumenggung Wiroyudo.
Saat itu, istrinya tidak diperkenankan ikut karena Raden Tumenggung Yudoprawiro telah mencium gelagat yang kurang baik dari pemerintahan kompeni (Belanda). Dugaan Raden Tumenggung Yudoprawiro tidak meleset. Ketika pesta pernikahan tengah berlangsung ramai dengan berbagai macam hiburan, tiba-tiba pasukan kompeni melakukan serangan mendadak. Target serangan tersebut adalah menangkap Raden Tumenggung Yudoprawiro. Bupati Maospati itu dianggap sebagai seorang bupati yang memiliki otak brilian dan ahli dalam menjalankan taktik perang melawan kompeni.
Dalam serangan mendadak itu, Bupati Maospati (Raden Tumenggung Yudoprawiro) dapat meloloskan diri ke daerah Caruban.Suasana pesta menjadi kacau-balau, dan banyak orang pribumi yang tidak siap menghadapi serangan kompeni yang mendadk itu. Menyaksikan kejadian tersebut, Tumenggung Wiroyudo segera pulang ke Maospati memberi kabar kepada istri Raden Tumenggung Yudoprawiro. Tak lama kemudian rumah Tumenggung Yudoprawiro digeledah dan di acak-acak oleh para kompeni.
Hal tersebut menyinggung perasaan Ki Nantang Yudo. Ia marah dan melakukan perlawanan terhadap pasukan kompeni dibantu oleh beberapa orang yang anti terhadap kompeni. Pasukan kompeni lari tunggang langgang dan kembali ke markasnya.
Keesokan harinya, dengan bersenjata lengkap Ki Nantang Yudo melakukan pengejaran terhadap pasukan kompeni yang bermarkas di daerah Sidowayah Kabupaten Ngawi. Ia dibantu oleh beberapa pasukan berkuda. Pertempuran pun tak dapat dielakkan.
Dalam pertempuran itu KI Nantang Yudo menuai kemenangan. Markas kompeni digempur habis-habisan. Banyak yang menjadi korban, sedangkan yang masih tersisa lari meninggalkan markas yang sudah porak poranda dan hancur lebur.
Ki Nantang Yudo beserta para pengikutnya pulang ke Maospati dengan perasaan bangga. Ketika akan memasuki wilayah Maospati, kuda yang ditunggangi oleh Ki Nantang Yudo terantuk batu di Jembatan Kalisat (sebelah timur Terminal Maospati). Ia beserta kudanya jatuh kedalam jurang dan meninggal dunia seketika.
Kabupaten Maospati dan sekitarnya larut dalam suasana dukacita. Dengan penuh khidmat, mereka menguburkan jenazah Ki Nantang Yudo di tepi jalan antara Madiun dan Terminal Maospati.
Sampai sekarang kepahlawanan Ki Nantang Yudo masih kuat terpatri di benak rakyat Maospati. Mereka mengenangnya dengan melakukan acara tabur bunga di makam Ki Nantang Yudo sebagai bukti Penghormatan atas jasa-jasanya.

Kesimpulan
Cerita ini memberikan pelajaran kepada kita tentang cinta tanah air dan jiwa kepahlawanan seperti yang dilakukan oleh Ki Nantang Yudo beserta pasukannya untuk mengusir kompeni dari bumi Nusantara (Indonesia).


CERITA RAKYAT


Pengertian Cerita Rakyat
Cerita rakyat adalah cerita yang berasal dan berkembang dalam masyarakat, selain itu cerita rakyat dapat diartikan sebagian kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki Bangsa Indonesia. Pada umumnya, cerita rakyat mengisahkan tentang suatu kejadian di suatu tempat atau asal muasal suatu tempat. Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia maupun dewa.


JANTUR DAN MENUR

Jantur dan Menur terlahir sebagai saudara kembar. Jantur laki-laki sedangkan Menur perempuan.Sifat mereka bagaikan bumi dan langit. Jantur memiliki sifat iri, dengki, dan tamak. Ia suka bermalas-malasan dan ingin menang sendiri. Lain halnya dengan Menur. Ia memilki sifat sederhana, hemat, rela berkorban, dan suka bekerja keras.
Kedua orang tua Jantur dan Menur sedang bekerja di ladang. Pada saat itu Jantur memaksa Menur untuk mencuci semua pakaian miliknya. Karna terlalu banyak pakaian yang harus dicuci oleh menur, maka menur tidak dapat memasak untuk kedua orangtuanya, Jantur, dan dirinya sendiri. Akan tetapi Jantur tak mau tahu, dan memarahi saudara kembarnya tersebut.
Hari semakin siang, kedua orang tua mereka pulang dari ladang. Ibu melihat menur yang tengah mencuci pakaian, dan ibu bertanya “Menur apakah kamu belum memasak nak?”
“Belum, Bu. Jantur telah memaksaku untuk mencuci semua pakaiannya!jawab Menur”.
Ibu segera memasak di dapur. Ayahnya mendengar cerita terserbut hanya menggeleng-gelengkan kepalanya. Ia merasa heran dengan kelakuan Jantur. Ketika Jantur pulang ayahnya menasehati. Namun, Jantur tak dapat menerima nasihat ayahnya. Ia marah dan mengamuk tak mau mendengar nasihat ayahnya, Bahkan kedua orangtua serta Menur pun diusir dari rumah itu.
Ayah Jantur hanya diam,karena tidak ingin bertengkar dengan anak lelaki satu-satunya tersebut. Mereka ikhlas meninggalkan rumah, harta benda, ternak, dan sawah ladangnya.
Terkisahlah Jantur yang tamak itu. Dasar seorang pemalas, akhirnya ia jatuh miskin dan menderita. Seluruh tubuhnya dilanda penyakit kulit dan bisul-bisul. Tidak demikian dengan Menur dan kedua orangtuanya. Sedikit demi sedikit usaha Menur dan kedua orangtuanya berhasil. Hidup mereka berkecukupan, damai, dan sejahtera.
Dalam kesengsaraannya Jantur ingat kedua orangtuanya dan Menur. Munculah rasa penyesalan yang mendalam di dalam hatinya.
Pada suatu hari, Jantur memutuskan untuk mencari kedua orangtuanya dan Menur saudara kembarnya. Ketika menur sedang berada di ladang, ia dikejutkan, oleh kehadiran seorang laki-laki. Tubuhnya penuh dengan luka bisul, baunya anyir, kotor, dan dekil. Lelaki itu adalah si Jantur. Menur tanpa ragu-ragu menghampiri si Jantur, lalu dipeluknya si Jantur dan diajkanya pulang untuk bertemu dengan kedua orang tua mereka. Sesampainya dirumah, Jantur pun mengutarakan penyesalannya kepada kedua orangtuanya dan Menur.
Untuk mengenang kisah si Jantur, ayahnya mengambil dua helai daun kelapa muda yang disebut janur kuning. Janur kuning dipisahkan dari lidinya, dan dianyam serupa bola mainan. Bola dari janur kuning itu dinamainya Jantur. Bola janur kuning atau jantur bersudut empat itu melambangkan keluhuran budi anak lelakinya, yaitu si Jantur yang telah bertobat.

Kesimpulan
Cerita ini dapat memberikan kepada kita tentang keteguhan hati dan menerima segala cobaan hidupdengan penuh rasa kesabaran akan membuahkan hasil yang manis, membahagiakan hidup, dan mendamaikan hati.



2 komentar: