Minggu, 30 Desember 2012

Peranan dan Dampak dari IAD dan Teknologi


PERANAN DAN DAMPAK DARI
ILMU ALAMIAH DAN TEKNOLOGI

Ilmu pengetahuan semakin hari semakin berkembang sehingga orang sulit mempelajari secara keseluruhan. Orang tidak lagi menjadi ahli dalam banyak bidang ilmu, karena masing-masing ilmu sudah semakin luas dan mendalam.

Pemisahan atau pembagian ilmu ini terjadi karena ilmu pengetahuan berkembang dan proses perkembangannya memerlukan waktu yang relatif lama.

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan ternyata terlihat ada kecenderungan beberapa ilmu bertemu kembali, karena pada hakikatnya mereka berada dalam satu unit.

Teknologi dapat dibagi menjadi beberapa macam, sebagai berikut.
1.           Teknologi maju, yakni teknologi tingkat pertama suatu usaha yang mengarah pada bidang pendidikan, latihan serta pembinaan para tenaga peneliti ilmiah untuk selalu mengikuti dan menguasai perkembangan teknologi yang vital serta dibutuhkan oleh suatu negara.
2.           Teknologi adaptif, (teknologi madya),  adalah  perkembangan dari suatu teknologi suatu negara maju yang penggunaannya masih harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan negara yang memerlukan.
3.           Teknologi protektif, adalah teknologi yang digunakan untuk melindungi (konservasi, restorasi dan regenerasi) segenap sumber daya alam yang ada.

Pada mulanya, antara ilmu pengetahuan dan teknologi itu tidak selalu ada kaitannya, maksudnya  suatu pengetahuan tidak harus menjadi ilmu terlebih dahulu. Contohnya pada zaman dahulu orang membuat perahu dengan metode coba-coba, dengan kata lain orang sudah membuat perahu untuk memenuhi kebutuhannya sebelum ada “ilmu” membuat perahu. Sekarang ilmu dan teknologi tidak lagi berdiri sendiri. Sains dan teknologi selalu saling menunjang sehingga dapat maju dengan pesat.

TEKNOLOGI DAN KEHIDUPAN MANUSIA

Setelah mempelajari perkembangan peradaban manusia sampai zaman di mana manusia menggunakan energi dari fosil maka pada bagian ini akan dijelaskan, bagaimana kehidupan manusia sekarang sudah sangat dipengaruhi oleh ilmu pengetahuan  yang semakin  dikembangkan.
Teknologi mutakir terdapat empat teknologi :
1.               Teknologi Informasi
2.               Teknologi Komunikasi
3.               Bioteknologi
4.               Nanoteknologi

DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP PENINGKATAN KESEHATAN
1. Meningkatkan Ilmu dan Fasilitas di Bidang Kedokteran
2. Meningkatkan Teknologi Obat-obatan
3. Memberantas Penyakit Menular
4. Membantu Timbulnya Penyakit Tertentu

Sumber : Sri Yuniati Putri Koes Hardini dan Maskoeri Jasin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar