PT
PRUDENTIAL ASSURANCE
A.
COMPANY
PROFILE
1.
Sejarah
Perusahaan
PT Prudential Assurance berdiri sejak tahun 1995, dan
merupakan bagian dari Prudential jasa keuangan terkemuka asal Inggris yang
berdiri sejak tahun 1848. Dengan menggabungkan pengalaman Internasional
Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal,
Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di
Indonesia.
Prudential Indonesia adalah pemimpin pasar dalam penjualan
produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999. Sebagai pemimpin pasar,
Prudential Indonesia selalu berusaha untuk menyediakan produk unit link yang dirancang untuk memenuhi
dan melengkapi kebutuhan nasabahnya, dalam setiap tahap kehidupan, mulai dari
usia kerja, pernikahan, kelahiran anak, pendidikan anak, dan masa pensiun.
Prudential senantiasa menjaga hubungan yang harmonis dan
berkesinambungan dengan para nasabah, melalui penyediaan berbagai produk dan
jasa yang menawarkan nilai tambah dari sisi keuangan dan perlindungan.
2.
VISI,
MISI, dan KREDO
1)
Visi
Prudential
Menjadi Perusahaan Nomor Satu di
Asia, dalam hal :
-
Dalam pelayanan nasabah
-
Dalam memberikan hasil
terbaik bagi para pemegang saham
-
Dalam mempekerjakan
orang-orang terbaik
2)
Misi
Prudential
“Menjadi perusahaan Jasa Keuangan Ritel terbaik di
Indonesia, melampaui pengharapan para nasabah, tenaga pemasaran, staf dan
pemegang saham dengan memberikan pelayanan sempurna, produk berkualitas, tenaga
pemasaran profesional yang berkomitmen tinggi serta menghasilkan pendapatan
investasi yang menguntungkan”.
Empat
Pilar Misi
Sebagai
bagian yang tidak terpisahkan dari Misi, PT Prudential Life Assurance memiliki
Empat Pilar, yaitu fondasi yang merupakan dasar berdiri dan berkembangnya
perusahaan serta yang membedakannya dengan perusahaan-perusahaan lain. Berikut
ini adalah Empat Pilar:
· Semangat untuk selalu menjadi yang
terbaik
· Organisasi yang memberikan
kesempatan belajar
· Bekerja sebagai suatu keluarga
· Integrasi dan Keuntungan yang merata
bagi semua pihak yang terkait dengan perusahaan
3)
Kredo Kami :
“Hanya dengan mendengarkan, kami dapat memahami apa
yang dibutuhkan masyarakat, dan hanya dengan memahami apa yang dibutuhkan
masyarakat, kami dapat memberikan produk dan tingkat pelayanan sesuai dengan
yang diharapkan.”
B. Eksternal
A) Bentuk komunikasi eksternal yang dilakukan PT Prudential
assuransi :
1.
Pelanggan
Nasabah
merupakan kunci penting dalam bisnis, oleh karena itu pelayan terhadap nasabah
merupakan hal penting bagi Prudential untuk mencapai tujuan yaitu menjadi
perusahaan jasa keuangan nomor satu di Asia. Dengan memahami keinginan nasabah
yang berbeda-beda Prudential juga menawarkan produk yang berinovasi agar
memenuhi kebutuhan nasabah.
Prudential
mendirikan 7 kantor pemasaran , kantor cabang keagenan lebih dari 219 kota
yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Batam, dan Medan. Prudential
didukung oleh lebih dari 85.000 jaringan tenaga pemasaran berlisensi yang
tersebar di berbagai daerah di Indonesia, dan melayani lebih dari 1.100.000
nasabah.
Dengan
adanya kantor keagenan yang tersebar luas serta jaringan pemasaran berlisensi
nasabah tidak perlu khawatir untuk menggunakan asuransi yang telah di sediakan
oleh Prudential. Nasabah juga tidak perlu untuk menyetorkan uang asuransi setiap
bulannya ke kantor keagenan ataupun kantor pemasaran karena para agen Prudential
akan datang langsung ke tempat nasabah yang ingin menyetorkan uang asuransi.
2.
Masyarakat
Luas
Salah
satu kegiatan yang memperhatikan masyarakat laus yaitu Prudential pernah mengadakan acara dengan kumpulkan 10.000
masyarakat untuk mendukung Jakarta yang bersih dan sehat. Acara ini
dilaksanakan bersama pemprov Jakarta mulai dari berjalan santai hingga
mengambil sampah yang bertebaran di jalan. Dengan terselenggaranya acara
tersebut Prudential semakin lebih dekat dengan masyarakat dan masyarakat lebih
memahami bahwa Prudential merupakan perusahaan yang perduli akan lingkungan yang sehat serta bersih.
Selain itu Prudential juga memberikan bantuan donasi berupa 300 peralatan
darurat yang meliputi alat pertolongan pertama, selimut, tenda, dan sebagainya
yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Jakarta.
3.
Pemerintah
Prudential
memiliki
prinsip yaitu Anti Pencucian Uang sesuai dengan ketentuan pemerintah
tentang tindak pidana pencucian uang dengan UU No.8 Tahun 2010, dalam
hal ini
Prudential mencegah dan memberantas tindak pidana yang tidak sesuai
dengan ketentuan yang telah pemerintah keluarkan dan mendapatkan harta
yang tidak sesuai dengan apa yang semestinya didapat dari hasil kerja
yang telah dilakukan selama ia bekerja.
Selain
itu Prudential juga selalu memberikan laporan pajak baik pajak yang
menginvestasikan hartanya ataupun pajak dari Prudential sendiri serta memberikan
laporan keuangan sesuai dengan apa yang dihasilkan oleh Prudential
4.
Pihak
Lain
Untuk
para investor Prudential juga selalu transparan mengenai laporan keuangan serta setiap bulan kami selalu
memberikan laporan keuangan sesuai dengan pendapatan yang dihasilkan agar para
investor tetap percaya kepada kami. Selain itu kami juga mempublikasikan keuangan
kami di blog yang dimiliki oleh
perusahaan kami.