Kamis, 17 April 2014

Rencana Bisnis Perusahaan Tugas Komunikasi Bisnis



RENCANA BISNIS

1. Latar Belakang
Latar belakang BYPOP bergerak dalam bidang minuman. BYPOP berdiri sejak 17 April 2014. BYPOP merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh perusahaan kami, BYPOP merupakan minuman yang enak, sehat, segar, serta murah tanpa mengandung bahan-bahan pengawet. BYPOP terbuat dari buah segar yaitu Jambu Merah serta Jeruk yang diambil langsung dari kebunnya, dan telah diuji kebersihannya, selain itu minuman ini aman untuk anak usia diatas 1 tahun. Alasan kami memilih buah jambu merah dan jeruk karena kedua buah ini merupakan salah satu buah yang mengandung vit C yang sangat tinggi dan masih ada vit lainnya lagi.
Peluang dalam menjalankan usaha baru ini membuat perusahaan kami semakin kuat karena tersedianya peluang usaha yang masih terbuka luas, dan adanya bahan – bahan baku yang mudah didapatkan seperti jambu merah dan jeruk.
Dengan membuka usaha baru dalam bidang ini perusahaan kami yakin akan mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi.

2. Visi dan Misi
1.             Visi
Menjadikan perusahaan minuman yang memiliki cita rasa khas yang dapat dinikmati oleh semua kalangan.
2.             Misi
-          Mempertahankan cita rasa
-          Mengutamakan kehygienistan produk
-          Membuat produk menjadi dikenal banyak masyarakat


3. Tujuan Perusahaan
-                 Memaksimalkan laba
-                 Pengembalian modal usaha
-                 Menciptakan kesejahteraan dan kepuasan bagi perusahaan, karyawan serta konsumen
-                 Tujuan stabilitas harga
-                 Menjaga kelangsungan hidup persahaan

4.    Strategi Bisnis
Dikarenakan persaingan dalam menjual minuman segar dari buah semakin banyak dan berkembang , maka perusahaan kami memerlukan strategi yang baik agar konsumen tetap percaya pada produk yang kami hasilkan.
Strategi perusahaan kami yaitu biaya yang rendah, maksudnya kami menjual minuman segar dengan kualias yang baik dan harga yang lebih terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami tawarkan Rp 5000,00-, dengan harga yang relatif terjangkau konsumen akan dapat menikmati minuman yang segar , enak serta sehat dari buah alami.

5.    Bauran Pemasaran
1.        Produk       :
·           Produk tanpa bahan pengawet, dan aman untuk semua kalangan termasuk anak usia diatas 1 tahun. Produk BYPOP dibuat aman untuk semua kalangan karena terbuat dari buah yang segar dan juga kadar gulanya rendah karena manisnya langsung dari manis buahnya sendiri. Selain itu aman buat anak usia di atas 1 tahun, karena kami memikirkan bahwa anak usia balita sangat suka dengan sesuatu hal yang baru yang Ibu atau Ayah nya minum pasti anak balita penasaran ingin mencoba, maka dari itu perusahaan kami mengeluarkan minuman yang segar, enak dan sehat untuk semua kalangan.


·            Produk tidak mengandung zat kimia
·            Tipe                 : Minuman
·            Brand              : BYPOP
·            Quality                        : Segar
2.        Price                       : Harga merupakan sesuatu yang penting bagi suatu produk, dengan produk minuman baru yang kami keluarkan kami memberikan harga yang relatif terjangkau yaitu Rp. 5000-, .Hanya dengan harga Rp. 5000-, konsumen akan merasakan segarnya buah jus buah asli dari jambu merah dan jeruk.
3.        Place                        : Lokasi setiap minimarket, kami menjual keberbagai minimarket terdekat terlebih dahulu. Alasan kami menjual keminimarket karena minimarket merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh konsumen, selain itu kami dapat mempromosikan minuman segar kami dengan nyaman.
4.        Promotion  :
·           Personal Selling   : Karena minuman kami merupakan minuman yang dapat dinikmati oleh semua kalangan, Maka kami memperkenalkan produk baru kami dengan cara menjual secara langsung kepada konsumen selama 1 bulan lamanya, dengan cara memberikan sampel pada setiap konsumen yang lewat dan memberikan penjelasan mengenai produk yang baru saja kami hasilkan yang akan dilakukan oleh tim kami dari mulai Agen sampai SPG yang kami sewa. Dengan begitu konsumen akan dapat merasakan bagaimana rasa dan segarnya minuman BYPOP.
·           Advertising          : Memanfaatkan social media (iklan di televisi, twitter, facebook).